Pages

Monday 27 May 2013

Bintang Yang Menjadi Luka Fans

Sudah tidak bisa di hindari lagi kata-kata musuh/rival abadi di spanyol ini. Yupz, persaingan Barcelona dengan Real Madrid adalah rivalitas abadi dua tim yang paling di mengundang semua mata di dunia ketika ke dua kubu bertemu di rumput hijau dalam memperebutkan tahta tertinggi di spanyol. Dalam sejarah barcelona dan Real Madrid terjadi beberapa kali pemain yang di musim pertamanya berseragam El barca tetapi di musim selanutnya berseragam El Real.

Perpindahan pemain yang melibatkan Real Madrid dan Barcelona selalu menimbulkan reaksi, yang dapat dibilang berlebihan dari para sporter masing-masing klub untuk menunjukkan ketidaksenangannya atas transfer pemain itu. Sehingga pemain-pemain yang berpindah dari Madrid ke Barcelona, atau pun sebaliknya, dimasukkan ke dalam daftar pengkhianat.

Transfer yang paling menggemparkan adalah transfer Luis Figo ke Real Madrid, setelah lima musim membela El Barca. Figo pernah mengalami insiden pelemparan kepala hewan ke dalam lapangan pertandingan pada El Clasico musim 2002-2003 di kandang Barcelona.

Hal ini terjadi saat Luis Figo ingin mengambil tendangan sudut. Menurut pendukung Barcelona, ia menunda waktu dengan tidak secepatnya menendang bola itu, sehingga membuat mereka emosi. Mengenai alasan kepindahan Luis Figo ke Real Madrid, Phil Ball dalam bukunya, Morbo: The Story of Spanish Football, menuliskan pendapatnya.

Sebaliknya Luis Enrique juga masuk ke dalam daftar pengkhianat antar kedua tim. Ia memilih Barcelona setelah dirinya memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya bersama Real Madrid. Tak hanya itu, Luis Enrique juga menolak untuk datang di peringatan satu abad Real Madrid pada tahun 2002. Padahal ia sudah diundang oleh pihak Madrid, dam menurut Marca, Enrique adalah satu-satunya tamu yang tidak hadir di perayaan tersebut. Hal itu tentu membuat ia semakin dimusuhi para pendukung Madrid.

Berikut beberapa daftar pemain yang pernah memakai 2 kostum El Clasico

Barcelona ke Madrid
Tahun 1902 Alfonso Albeniz, Spanyol
Tahun 1906 Charles Wallace, Inggris
Tahun 1906 Jose Quirante, Spanyol
Tahun 1911 Alfonso Albeniz, Spanyol
Tahun 1911 Arsenio Comamala, Spanyol
Tahun 1913 Walter Rozitsky, Polandia
Tahun 1932 Josep Samitier, Spanyol
Tahun 1950 Alfonso Navarro, Spanyol
Tahun 1961 Justo Tejada, Spanyol
Tahun 1962 Evaristo de Macedo, Brasil
Tahun 1965 Fernand Goyvaerts, Belgia
Tahun 1988:Bernd Schuster, Jerman
Tahun 1990 Luis Milla, Spanyol
Tahun 1992 Fernando ”Nando” Munoz, Spanyol
Tahun 1994 Michael Laudrup, Denmark
Tahun 2000 Luis Figo, Portugal
Tahun 2007 Javier Saviola, Argentina

Madrid ke Barcelona
Tahun 1905 Luciano Lizarraga, Spanyol
Tahun 1965 Lucien Muller, Perancis
Tahun 1996 Luis Enrique, Spanyol


0 comments:

Post a Comment